Cari Blog Ini

Pages

Sejarah Memori / RAM

Selasa, 14 Februari 2012
Ram
Ram (Random-Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat diganti-gantiselama komputer sihidupkan dan sebagai suatu penyimpanan data yang dapat dibacaatau ditulis dan dapat dilakukan secara berulang-ulang dengan data yangberbeda-beda. Jenis memori ini merupakan jenis volatile (mudah menguap), yaitudata yang tersimpan akan hilang jika catu dayanya dimatikan. Karena alasantersebut, maka program utama tidak pernah disimpan di RAM. Random artinya datayang disimpan pada RAM dapat diakses secara acak. RAM dibagi lagi menjadi duajenis, yaitu jenis statik dan jenis dinamik. RAM statik menyimpan satu bitinformasi dalam sebuah flip-flop. Jenis RAM ini asyncronous dan tidakmemerlukan sinyal clock. RAM statik biasanya digunakan untuk aplikasi-aplikasiyang tidak memerlukan kapasitas memori RAM yang besar. RAM dinamik menyimpansatu bit informasi data sebagai muatan. RAM dinamik menggunakan kapasitansigerbang substrat sebuah transistor MOS sebagai sel memori elementer. Untukmenjaga agar data yang tersimpan RAM dinamik tetap utuh, data tersebut harusdisegarkan kembali dengan cara membaca dan menulis ulang data tersebutkememori. RAM dinamik ini digunakan untuk aplikasi yang memerlukan RAM dengankapasitas besar, misalnya dalam sebuah komputer pribadi (PC).

I.JenisRaM

a.DRAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan olehCPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.

b.SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutandari DRAM namun telah disnkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatanlebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memilikikecepatansampai100MHz.

c.RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebihmahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakanPentium4.

d.SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran olehCPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenisini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM

e.EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan padasistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagankecepatansampai66MHz.

JenisRAMyangterdapatdipasaran:
1. SIMM (Single in-line memory module) – Mempunyai kapasitas 30 atau 72 pin.Memori SIMM 30 pin untuk kegunaan PC zaman 80286 hingga 80486 dan beroperasipada 16 bit. Memory 72 pin banyak digunakan untuk PC berasaskan Pentium danberoperasi pada 32 bit. Kecepatan dirujuk mengikuti istilah ns (nano second) seperti80ns, 70ns, 60ns dan sebagainya. Semakin kecil nilainya maka kecepatan lebihtinggi. DRAM (dynamic RAM) dan EDO RAM (extended data-out RAM) menggunakanSIMM. DRAM menyimpan bit didalam suatu sel penyimpanan (storage sell) sebagaisuatu nilai elektrik (electrical charge) yang harus di-refesh beratus-ratuskali setiap saat untuk menetapkan (retain) data. EDO RAM sejenis DRAM lebihcepat, EDO memakan waktu dalam output data, dimana ia memakan waktu di antaraCPU dan RAM. Memori jenis ini tidak lagi digunakan pada komputer akhir-akhirini.

2. DIMM (dual in-line memory module) – Berkapasitas 168 pin, kedua belah modulmemori ini aktif, setiap permukaan adalah 84 pin. Ini berbeda daripada SIMMyang hanya berfungsi pada sebelah modul saja. Mensuport 64 bit penghantarandata. SDRAM (synchronous DRAM) menggunakan DIMM. Merupakan penganti dari DRAM,FPM (fast page memory) dan EDO. SDRAM pengatur (synchronizes) memori supayasama dengan CPU clock untuk pemindahan data yang lebih cepat. Terdapat dalamdua kecepatan yaitu 100MHz (PC100) dan 133MHz (PC133). DIMM 168 PIN

3. DDR SDRAM (double-data-rate SDRAM) – Ciri-ciri DDR SDRAM sama dengan SDRAM,tetapi pemindahan data (data transfer) mendekati kecepatan sistem jam (systemclock) dan ini secara teori meningktkan kecepatan SDRAM. Dahulu digunakansebagai memori untuk card terpisah tetapi pada saat ini pabrik komputermembuatnya pada modul memori untuk motherboard sebagai satu jalan alternatifuntuk pengganti SDRAM yang mempunyai 184 pin dan terdapat dalam tiga kecpatanyaitu 266MHz, 333MHz dan 400MHz. DIMM 184PIN

4. DRDRAM (direct Rambus DRAM) – Dulu dikenali sebagai RDRAM. Adalah sejenisSDRAM yang dibuat oleh Rambus. DRDRAM digunakan untuk CPU dari Intel yangberkecepatan tinggi. Pemindahan data sama seperti DDR SDRAM tetapi mempunyaidua saluran data untuk meningkatkan kemampuan. Juga dikenali sebagai PC800 yangkerkelajuan 400MHz. Beroperasi dalam bentuk 16 bit bukan 64 bit. Pada saat initerdapat DRDRAM berkecepatan 1066MHz yang dikenal dengan RIMM (Rambus inline memorymodule). DRDRAM model RIMM 4200 32-bit menghantar 4.2gb setiap saat padakecepatan 1066MHZ.

1 komentar:

  • posting yang bagus sob
    terimakasih infonya
    jangan lupa juga kunjungi situs kami di
    http://stisitelkom.ac.id

  • Posting Komentar